Rabu, 03 September 2008

NARKOBA / NAPZA

(Narkotika, Alkohol, dan Bahan Adiktif / Narkotika, Alkohol, Psikotropika, dan Zat Adiktif)

Sebenarnya apakah Narkotika, Drugs, dan NAPZA itu ?

Narkotika dikenal secara umum sejatinya adalah sebagai obat-obatan yang digunakan untuk maksud yang khusus dan dalam dosis yang tertentu, namun dalam tema pembicaraan kita ini disalahgunakan penggunaannya। Drugs, diambil dari bahasa Inggris yang artinya obat-obatan, sedangkan NAPZA adalah singkatan dari Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif. Zat Adiktif itu adalah zat yang dapat menimbulkan ketergantungan (menjadi ketagihan) terhadap penggunanya.

Macam-macam Narkotika:

1. Ganja

2. Candu

3. Morfin

4. Opiat (Heroin /Putaw)

5. Kokain

6. Nikotin

7. Codein

Macam-macam NAPZA:

1. Alkohol

2. Barbiturat (Obat penenang)

3. Obat tidur

4. Amphetamenia (Shabu-shabu, Ekstasi)

5. Inhalants (bensin, cat, lem yang baunya dihirup lewat hidung)

Sekarang narkotika yang lagi ngetrend dikalangan remaja adalah putaw. Kalau shabu-shabu dipakai oleh para pekerja atau eksekutif muda. Kenapa pemakainya berbeda? Karena kedua jenis obat itu memang berbeda kegunaan dan efeknya.

Kalau putaw itu efek nikmatnya bisa fly, serasa bisa melayang-layang sendiri dan merasa tenang. Pemakainya biasanya remaja, karena remaja mempunyai mental yang masih labil, sehingga kalau ada masalah ingin cepat selesai, mudah terpengaruh dengan lingkungan dan rasa ingin tahu tinggi atau iseng ingin mencoba. Nah! kalau sudah pakai putaw rasanya semua masalah hilang - plas !, dan dunia ini serasa begitu indah, nggak ada lagi gangguan yang bakal datang.

Kalau shabu-shabu pemakainya seolah nggak pernah ngrasain sakit, soalnya akan gembira terus, senang terus, stamina selalu okey, makanya pemakainya itu para eksekutif tujuannya untuk menambah stamina dalam bekerja, apalagi maunya kerja nglembur pantang kendur, nah ! dia mesti kerja terus, biar duit bisa mengalir terus, soalnya shabu-shabu ini harganya sangat mahal !.

Bahaya Narkotika/Drugs/NAPZA

Jika ada pendapat narkoba/napza/drugs kan tidak berbahaya kalau cara pakainya benar dan dosisnya nggak banyak. Salah besar jika kita punya pikiran seperti itu, tidak ada narkotika yang tidak berbahaya, semua jenis narkotika berbahaya tanpa kecualinya, karena semua itu, sedikit demi sedikit, pelan namun pasti merusak fisik dan mental kita, sehingga pemakai drugs lama kelamaan badannya jadi semakin kurus, tidak berisi, tidak sehat, lemas dan tidak bergairah.

Drugs itu merusak otak dan tubuh, sehingga mengakibatkan terjadinya komplikasi dan bisa menimbulkan berbagai macam penyakit. Secara fisik sudah kita ketahui bahwa drugs merusak sel-sel yang ada dalam tubuh. Kita akan mudah terkena infeksi terutama bagian hidung dan tangan. Tetapi selain merusak fisik, drugs ini juga merusak mental kita dan merusak hubungan kita dengan keluarga dan lingkungan masyarakat, misalnya hubungan dengan keluarga jadi semakin reng-gang, sering marah-marah dan bosan di rumah, kelakuannya jadi anti sosial, suka menyendiri, nggak suka berhubungan dengan lingkungan, malas belajar, nilai sekolah menurun drastis, nggak bisa membedakan : baik - buruk, pahala - dosa, dan selanjutnya akan menyebabkan terjadinya kriminalisasi[1] dalam diri orang ini hingga ia menjadi suka berbohong menipu, mencuri, berbuat curang, bahkan tidak mustahil melakukan perbuatan kriminal yang lebih berat, dan yang paling berbahaya adalah kalau kita kecanduan drugs, itu berarti secara rutin kita harus mengkonsumsi obat itu, dan kalau nggak, badan kita terasa sakit bukan main, dan bahaya yang paling berat adalah kalau pemakai menggunakan drugs ini dalam dosis yang tinggi dan apa yang terjadi ?. Orang tersebut akhirnya bisa (baca : kebanyakan) mati.

Kalau Kecanduan dan Ketagihan drugs

Semua drugs bisa membuat kecanduan. Kalau pemakai putaw (disebut pakaw) terus nggak pakai lagi, badan bisa terasa sakit semua (sakaw), tak ada rasa sakit yang luar biasa dirasa seperti itu dialami sebelumnya !. Badan meriang, air mata meleleh, pilek, dan semua tulang sakit, ngilu, apalagi kalau kena air, makanya pemakai putaw jarang mandi, soalnya kalau badannya kena air rasanya seperti ditusuk-tusuk, sakitnya bukan main. Maka kalau orang lagi sakaw bisa berteriak-teriak. Kalau shabu-shabu jika pemakainya berhenti badan jadi lemas, nggak bergairah. Lama kelamaan sel di otak jadi rusak, bengong, curigaan, gampang tersinggung, dan selalu ketakutan kepada orang lain.

Bahaya untuk cewek:

Þ Mengganggu siklus menstruasi, atau nggak mens selama memakai drugs

Þ Membuat kering rahim (peranakan) sehingga bisa menyebabkan mandul dan menyebabkan kista atau kanker.

Þ Pengaruh hormon, bisa menyebabkan payudara mengecil dan postur tubuh seperti cowok, enggak menarik lagi.

Þ Nggak doyan makan sehingga badan menjadi kurus, wajah nggak bercahaya dan nggak menarik lagi.

Þ Ketagihan bisa menyebabkan kita melakukan apa saja demi mendapatkan putaw atau drugs termasuk menjual diri (karena yang ada dalam piki-rannya bagaimana caranya dia bisa dapat drugs).

Cara penyebaran Drugs

Þ Ada teman nawarin solusi depat bebas masalah dengan drugs.

Þ Ingin coba - coba.

Þ Rasa ingin tahu terutama para remaja yang rasa ingin tahunya besar.

Þ Dirayu teman sehingga terpengaruh

Þ Gengsi sama pergaulan (merasa nggak bisa gaul)

Þ Nggak PeDe ( Nggak punya rasa percaya diri sama dirinya sendiri dan lingkungan masyarakat)

Þ Biar dianggap keren dan ingikutin perkembangan jaman.

Þ Merasa nggak bahagia sama lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat.

Þ Pendidikan (kepahaman ) agama yang kurang kuat (Nggak takut neraka)

Þ Nggak bisa mengekspresikan diri atau mengungkapkan pendapat dan isi hati.


Cara supaya kamu tidak pakai dan terkena Drugs

Sebagai remaja kita harus berupaya sejauh mungkin jangan pernah menyentuh apalagi mencoba yang namanya drugs, narkoba, napza ini adapun caranya adalah:

Þ Jangan suka menyimpan masalah sendiri (entar jadi stress lho!) minimal cerita sama teman atau saudara terdekat.

Þ Dekat sama ortu dan mulailah terbuka dengan mereka. Cerita tentang kegiatan sehari hari sama mereka. Kalau ortu sibuk minimal hubungi mereka lewat telepon (kalau punya)

Þ Jangan melihat orangtua (ortu) sebagai musuh kita, cobalah anggap ortu sebagai teman terdekat atau sahabat.

Þ Kalau ada sesuatu uneg uneg dihati dikeluarin saja pada mereka (ortu atau sobat gambuhmu), jangan takut atau marah, jangan membiarkan beban terus bercokol dihati kita (lebih baik ngeluh plus berdoa minta jalan keluar yang terbaik kepada Alloh)

Þ Jangan pernah malu atau gengsi untuk minta maaf kalau kita berbuat salah karena semua orang pernah berbuat salah.

Þ Pilihlah salah satu kegiatan ekskul yang kamu jadikan hobi supaya nggak bosan belajar di rumah.

Þ Nggak tahu musti ngapain ? Nggak ada kerjaan ? Jangan sampai pikiran kosong itu nyampai di kepala karena biasanya kalau kita nggak tahu mesti ngapain, pikiran kita suka membayangkan dan memikirkan hal-hal yang nggak benar. Kenapa kita nggak mencari kegiatan yang positif saja

Þ Jangan pernah tergoda sama rayuan teman pemakai drugs/NAPZA.

Þ Kita mesti berani menolak mentah-mentah sama teman yang mencoba menawarkan obat kejam itu.

Þ Coba bilang dengan tegas. TIDAK ....TIDAK .... dan TIDAK .!!

Þ Pertebal ketahanan IMTAQ (iman dan taqwa)

Mengenali teman yang memakai drugs/NAPZA

1. Perubahan perilaku

Þ Yang tadinya periang menjadi pemurung

Þ Cepat tersinggung tanpa sebab

Þ Cepat naik darah

Þ Menarik (mengucilkan) diri dari lingkungan

Þ Tadinya pinter, tiba-tiba nilainya jeblok (prestasi menurun tajam)

2. Perubahan fisik

Þ Mata merah dan nggak jernih

Þ Badan semakin kurus

Þ Wajah nggak cemerlang

3. Perubahan penampilan

Þ Yang tadinya rapi jadi cuek dan berantakan

Þ Yang biasanya wangi jadi bau’

(Sumber :NAZA oleh tim Alifa yang diperkaya)

Edisi Kedua April 2002



[1]Sebagaimana virus komputer, “zat” ini akan meracuni pusat pengendalian diri seseorang yaitu hati nurani untuk melakukan tindakan nista dan melanggar ketentuan umum maupun peraturan agama

Tidak ada komentar: